Bayar Pajak Motor di Samsat Ciledug

Esok, 13 Juni 2009. Salah satu motor dah habis pajaknya, jadi hari ini diniatin bayar pajak motor untuk setahun kedepan. Sebuah Motor Honda Fit X 100cc. Terdaftar dengan Plat B 6xxx CLL, maka masuk Samsat Ciledug.

Sebelumnya aku sendiri belum pernah membayar pajak motor, soalnya dari dulu emang kaga punya motor, jalan kaki terus dari kosan ke sekolah dan kampus.

Syarat

  • STNK Aseli¬† dan Photocopy
  • KTP Aseli dan Photocopy
  • BPKB Aseli dan Photocopy
  • Pajak Lama Aseli dan Photocopy

Sebelum berangkat dah Photocopy dulu KTP, STNK dan BPKB. Jalan deh dari Bintaro jaya ke Ciledug lewat Jombang Raya ( Raden Fatah ) 15 menit dah sampe Samsat Ciledug. Bangunan Samsat yang baru dan megah.

Masuklah aku ke parkiran motor disamping gedung. Untungnya suasana hari ini mendung, jadi ndak terlalu panas untuk parkir motor diarea terbuka. Ndak terlihat Calo ( dari hasil pengamatanku lho ).

Gedung Samsat Ciledug

Motor diparkir sambil lihat-lihat sekitar. Biasa searching proses-nya gmana. Ternyata pertama ke Koperasi yang berada dipojokan. Beli Map Rp. 2.000, biarkan petugas koperasi masukin syarat-syarat diatas dan ngikutin orang yang dah beli Map masuk ke Gedung Samsat lewat belakang.

Daftar dan ambil fomulir. 5 meni selesai ( emang era komputerisasi gini ) tinggal masukin nopol kendaraan dah tinggal ngeprint aja. Si bapak menyuruh naek ke lantai 2 buat bayar pajak dan surat pajak baru.

Naek ke atas, antrian ndak lebih 20an orang. bentar neh, ditunggu-lah 20an menit. Nama pun dipanggil, bayar PKB dan SWDKLLJ dengan total 167rebu ( udah ama iuran PMI, nebeng melulu ditagihan BUMN neh :p ), tunggu beberapa saat untuk surat pajak baru. Done

Sederhananya gini :

  • Siapin Aseli dan Photocopy dari KTP, STNK, Surat Pajak Lama plus BPKB
  • Beli Map dari Koperasi
  • Masukin semua syarat ke Map dan Tulis Nopol di Map
  • Menuju Loket pendaftaran dan Ambil Fomulir
  • Menuju Kasir, tunggu dipanggil dan Bayar Pajak sesuai yang tertera di Surat Pajak
  • Dapat Surat Pajak Baru dan tunggu dipanggil untuk pengambil STNK dan KTP
  • STNK dan KTP akan diberikan lagi di akhir proses.
  • Done

Ternyata tulisan didinding tiang didalam gedung ” Bayar Sendiri lebih Mudah ” beneran juga ya. Semoga pelayanan seperti ini memudahkan bagi yang awam seperti aku dan oranglain, walau alur proses tidak aku temukan di mading.

posisi google map -> http://maps.google.co.id/maps?q=-6.233523,106.702885

source image from : ridhoyp.com

*update : GoogleMaps

20 thoughts on “Bayar Pajak Motor di Samsat Ciledug

  1. Boleh tau alamat tepatnya SAMSAT CILEDUG? Soalnya biasanya kita mengurus perpanjangan STNK di SAMSAT Tangerang tapi tadi pas kesana security bilang untuk daerah saya sekarang harus mengurus ke Ciledug. Tks..btw artikel pengalaman mengurus STNK nya cukup berguna buat yang belom berpengalaman ke SAMSAT CILEDUG :)

    jalan raden fatah, masuk samping SD sudimara, 500meter dari perempatan ciledug ( terowongan ) ke arah jalan jombang raya ( raden fatah )

  2. maaf ..mau tanya2 dikit nih!!

    klo BPKB nya blm dapet (krn mtr nya msh kredit) gimana?
    :$
    klo bayar pajak nya dah telaat bgt itu jg gimana? misal : blm byr selama 2 th :d
    kira2 dendanya berapa yaa?

    thanks 2 help me :)

    anda datang aja ke leasing, minta surat pengantar dan fotocopy BPKB … kasih saja 5ribu, terus bawa ke Samsat. Untuk denda, sepengetahuan saya, mau telat sehari apa setahun denda-nya sama .. kata teman-temen kena Rp. 50ribu, ya ada baiknya tanya langsung ke Samsat mengenai denda ini

  3. Sabtu Tanggal 18 Februari 2011 saya dan istri saya (Wulan Puspitasari) mengurus ganti nama dan perpanjang pajak motor Yamaha Vega 2008, mulai dari cek fisik dimintakan uang sebesar Rp 25.000
    menyerahkan dokumen ke loket BBN II dimintakan Rp 40.000
    dan disuruh kembali lagi hari Selasa 22 Februari 2011. dan dimintakan Rp 160.000 untuk antar BPKB ke KOmdak, semua biaya itu tanpa kwitansi, hanya dimintakan begitu saja dan sepertinya diarahkan untuk membayar dengan nada yang judes….Sebaliknya saya mengurus Ganti nama di Samsat Jakarta Barat tanpa pungli seperti di Samsat Ciledug Tangerang…..
    Apakah sudah lama seperti ini ataukah ada setoran kepada pihak yang terkait…????

    Jumlah yang tertera di STNK Rp 325.000 Resmi
    JUmlah Pungli Rp 225.000
    Jika mengurus Biro jasa terima bersih Rp 450.000

    Saya sangat Kecewa…lebih baik dengan birojasa kalo mengurus pajak di daerah ciledug Tangerang

    mengapa tidak bikin surat pengaduan pak? atau kirim ke surat kabar mengenai kejadian Anda :D

  4. SAMSAT CILEDUG TANGERANG PENUH DENGAN PUNGLI
    YANG BERMAIN PETUGAS RESMI DI MASING MASING LOKET(n)

    SILAHKAN MONITOR LOKET CEK FISIK,BBN II,KASIR

    JIKA TIDAK TERBUKTI, BEGITULAH BUDAYA KITA, SALING MENUTUPI KEBURUKAN ….

    GEDUNG BARU, PETUGAS ???????????????????

  5. mau numpang tanya dong
    ini motor kan daerah tangerang
    tapi gtw mw ngurus ke tangerang / samsat ciledug

    gmn ya cara taunya ?
    nomor polisi belakangnya NGQ

    setahu ane plat B xxxx NXX itu daerah Tangerang Selatan -> Serpong, berarti ngurusnya ke Samsat BSD di Civic Centre ( belakang Auto 2000, sekitar 300meter ke selatan dari BSD Junction/ITC BSD jika dari arah serpong raya ). atau lihat saja alamat yang tercantum di STNK itu dimana menentukan lokasi pengurusan STNK/Pajaknya

  6. mau tanya, kalo ternyata belum bayar pajak sampe 3 tahun gitu kira2 bayarnya berapa ya??soalnya baru aja ambil motor vega second dan ternyata belum bayar pajak selama 3 tahun

    setahu saya denda-nya 20-25% dari pajak pertahunnya, jadi 3tahun x pajak + (20-25% dari pajak x 3tahun) = total bayar. datang saja ke samsat dan tanya petugas. hindari calo, lihat detilnya disini -> http://bit.ly/qsCdRA

  7. tetap ada pungli,mau bukti?!! jika kendaraan masih status kredit/leasing, walaupun dok. sudah lengkap maka sebelum naik ke lt 2 disuruh ke loket kusus yang ada di ruang pelayanan manula/cacat. diruang itu dilihat sama petugas dan di paraf lalu minta uang 25 ribu/ stnk. jangan harap dikasih kuitansi/tanda terima ( tidak ada dan tidak boleh minta kuitansi lho)…..biasa pungli gitu lho…..

    silakan bikin laporan. mudah itu :D

    atau gunakan layanan samsat keliling yang pakai mobil tuh

  8. mau tanya dong..
    saya baru saja membeli motor second di mana pemilik awalnya berlokasi di cipondoh dan selama ini urusan motornya selalu di samsat ciledug. nah lokasi saya sekarang berada di karawaci, di mana kendaraan saya yang lain biasa saya urus ke samsat cikokol. pertanyaannya, bila saya sekarang mau balik nama motor second tersebut, kemana saya harus mengurusnya? bisakah untuk selanjutnya saya mengurus motor second tersebut di samsat cikokol saja?
    thanks..

    bisa di cikokol, lakukan mutasi saja. pinjam KTP pemilik lama jika belum di balik nama. minta mutasi di cikokol. nanti berkas akan di pindahkan dari ciledug. sepertinya begitu. aku sendiri belum pernah mutasi dalam kota ( ciledug dan cikokol kan masih satu kota tangerang juga ).
    kemarin baru mutasi ciledug -> depok dengan cabut berkas dari ciledug tertuju ke samsat depok. bisa
    jadi coba tanya yang dicikokol untuk mutasi dalam kota

  9. asalamualaikum, bapak/ ibu saya mau minta nomor telefon samsat tangerang, dan apakah pada tanggal 20 agustus 2012 masih melayani pembayaran pajak? soalnya jatuh tempo pajak motor saya tanggal 20 agustus

    bayar pajak kan bisa 2-1 minggu lebih awal. tidak harus menunggu pas tanggal jatuh tempo. minggu ini bisa dibayarkan :D

  10. mau nanya nih bisa ga di samsat ciledug ngurus mutasi motor dari pondok aren ke karang tengah? thx sebelumnya klo bisa kirim ke email saya aja

    mutasi memang dilakukan di samsat terdekat dengan alamat baru kita. jadi ajukan mutasi di samsat ciledug, nanti si samsat ciledug yang akan melakukan cabut berkas dari samsat BSD (tangerang selatan).

  11. bro neh mau ngurus mutasi nih, tp ane ngurusnya pas perpanjang stnk aja gimana ada denda ga?
    soalnya kata temen ane harus urus jauh2 hari sebelum habis masa habis pajak stnk? gmn baiknya? thx

    kalau semua persyaratan mutasi dah lengkap, ya di proses secepatnya. 1bulan hingga 2 minggu sebelum habis bisa dilakukan. coba main saja ke samsat terdekat untuk diskusi biar lebih detil. ada gambar alur tahapan pengurusannya kok :D

  12. Mas, kalau saya mau bayar pajak sedangkan KTP saya mati, eKTP jg belum dapet. Apakah bisa dgn KTP lama yang mati?

    sepertinya bisa pakai KTP lama. masak kita mau bayar kok dipersulit. hehehe :D

  13. mas bro , ane mau tanya nieh, di mohon jawabannya ea, ?!
    kan aq pnya motor tua udan 2005 udan mati pajak, jdi kira – kira udah mati pajak selama 8 tahun, tpi ktp yang pnya gag ada, terus kalau mau majak’in tanpa KTP nya yang pnya bisa gag, kalau gag balik nama sama sama tanggerang bisa gag!?
    mohon jawabannya ea?!
    terima kasih?!

    photocopy KTP-nya juga ga ada? hal sepertinya bisa ditanyakan langsung ke SAMSAT terdekat saja dulu. persyaratannya apa saja. prosedurnya gimana. kalau KTP masih ada mah bisa ikut pemutihan ( pembebasan denda pembayaran pajak ), walau pemutihan itu tidak terjadwal. jadi harus sering pantau berita saja. seperti bulan Oktober 2012 lalu di DKI Jakarta – Banten. beritanya -> http://bit.ly/Qhrxab

  14. boss, mutasi dari ciledug ke depok kena brp?
    ane beli motor sekon , stnk tangerang kota , tapi ktp ane tangsel, jadi gimn nih harus mutasi yah?
    kalo mutasi mahal mending ane jual aja nih motor

    hitungan biayanya
    - bayar cabut berkas 200-300ribu ( tergantung samsat tujuan )
    - bayar tnkb 30ribu ( lihat di slip pajak )
    - bayar administrasi stnk 50ribu ( lihat di slip pajak )
    - bayar administrasi mutasi bpkb 100-150ribu ( stempel pindah alamat )
    - bayar pkb yang baru ( lihat di slip pajak + dengan denda jika ada )
    - bayar lain-lain ( biaya siluman … hahaha )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>